KATA PENGANTAR
Alhamdulillah, segala puji
bagi Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat, taufiq dan hidayah-Nya sehingga
dapat terselesaikan nya makalah ini. Shalawat serta salam tak lupa kita
curahkan keharibaan junjungan kita Nabi Besar Muhammad SAW serta keluarga,
sahabat dan pengikut beliau hingga akhir zaman.
Makalah yang berjudul Ilmu
Jiwa Belajar “Hubungan Pertumbuhan Dan Perkembangan Dalam Belajar Anak” ini di
buat untuk memenuhi tugas Dosen pembimbing dan juga untuk mengembangkan ilmu
pengetahuan yang ada pada diri kami, serta untuk menambah wawasan kami selaku
mahasiswa.
Mengingat makalah ini
masih banyak kesalahan dan kekurangan karena keterbatasan kemampuan dan ilmu
pengetahuan yang ada pada diri kami. Oleh sebab itu, kritik dan saran yang bersifat
membangun sangat kami harapkan dari berbagai pihak demi kesempurnaan makalah
ini.
Akhirnya kepada dosen
pembimbing serta semua pihak yang telah memberikan bimbingan, saran dan
informasi sehingga kami dapat menyelesaikan makalah ini, kami ucapkan banyak
terima kasih semoga makalah ini bermanfaat bagi kita semua. Amin ya rabbal
alamin.
Penyusun
DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR……………………………………………………………i
DAFTAR ISI……………………………………………………………………...ii
BAB I PENDAHULUAN………………………………………………………1
A. Latar Belakang…………………………………………………………………1
B. Tujuan…………………………………………………………………………..1
C. Rumusan Masalah……………………………………………………………...1
A. Latar Belakang…………………………………………………………………1
B. Tujuan…………………………………………………………………………..1
C. Rumusan Masalah……………………………………………………………...1
BAB II PEMBAHASAN…………………………………………………………2
A. Hubungan Pertumbuhan dalam Belajar Anak………………………………….2
B. Hubungan Perkembangan dalam Belajar Anak………………………………...2
A. Hubungan Pertumbuhan dalam Belajar Anak………………………………….2
B. Hubungan Perkembangan dalam Belajar Anak………………………………...2
BAB III PENUTUP………………………………………………………………4
A. Kesimpulan……………………………………………………………………..4
B. Saran-Saran……………………………………………………………………..4
A. Kesimpulan……………………………………………………………………..4
B. Saran-Saran……………………………………………………………………..4
BAB I
PENDAHULUAN
PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang
Belajar merupakan
suatu aktifitas psikis atau mental yang berlangsung dalam interaksi aktif dalam
lingkungan, yang menghasilkan dalam diri seorang anak, baik dalam pemahaman,
keterampilan dan nilai sikap. Perubahan itu relatif konstan dan terbatas.
Perumusan itu berlaku bagi segala macam kegiatan belajar dan tidak terbatas
pada salah satu bentuk tertentu. Setiap kegiatan belajar akan menghasilkan
suatu perubahan pada anak.
Terjadinya
perubahan tersebut karena adanya pertumbuhan dan perkembangan. Untuk itulah
kami membuat makalah yang berjudul Ilmu Jiwa Belajar “Pertumbuhan dan Perkembangan
dalam Belajar Anak”.
B.
Tujuan
Adapun tujuan dari penulisan
makalah ini adalah :
1. Untuk memenuhi sebagian tugas yang diberikan
2. Untuk mengembangkan pemikiran ilmu pengetahuan
3. Untuk mengetahui lebih dalam tentang ilmu jiwa belajar yang berkenaan
1. Untuk memenuhi sebagian tugas yang diberikan
2. Untuk mengembangkan pemikiran ilmu pengetahuan
3. Untuk mengetahui lebih dalam tentang ilmu jiwa belajar yang berkenaan
dengan hubungan pertumbuhan dan perkembangan dalam belajar anak.
4. Tambahan ilmu pengetahuan bagi kami semua.
4. Tambahan ilmu pengetahuan bagi kami semua.
C.
Rumusan Masalah
Untuk lebih mengarahkan
pembahasan pada judul yang dikemukakan, maka kami memandang perlu untuk membuat
batasan masalah. Adapun batasan pada makalah ini adalah:
1. Hubungan pertumbuhan dalam belajar anak.
2. Hubungan perkembangan dan belajar anak.
BAB II
PEMBAHASAN
PEMBAHASAN
A.
Hubungan Pertumbuhan Dalam Belajar Anak
Tumbuh adalah berbeda dengan berkembang. Pribadi yang tumbuh mengandung
arti yang berbeda dengan pribadi yang berkembang. Oleh karena itu dibedakan
antara pertumbuhan dan perkembangan.
Disini pertumbuhan khusus dimaksudkan bagi pertumbuhan dalam ukuran-ukuran
badan dan fungsi-fungsi fisik yang murni. Dalam pribadi manusia, baik yang
jasmaniah maupun rohaniah, terdapat dua bagian yang berbeda sebagai kondisi
yang menjadikan pribadi manusia berubah menuju kearah kesempurnaan.
Arti pertumbuhan pribadi sebagai perubahan kuantitatif pada material
pribadi sebagai akibat adanya pengaruh lingkungan. Material pribadi seperti
sel, kromosom, butir darah, rambut, lemak, tulang adalah tidak dapat di katakan
berkembang, melainkan bertumbuh.
Oleh karena itu, dalam belajar anak pertumbuhan merupakan hal penting
untuk dapat mencapai suatu pengertian. Tanpa pertumbuhan proses belajar anak
akan terhambat, karena material pribadi masih belum tumbuh dengan sempurna.
B.
Hubungan Perkembangan Dalam Belajar Anak
Perkembangan menunjukkan suatu proses tertentu, yaitu proses yang menuju
ke depan dan tidak dapat di ulang kembali. Dalam perkembangan manusia terjadi
perubahan-perubahan yang sedikit banyak bersifat tetap dan tidak dapat di
ulangi. Perkembangan menunjukkan pada perubahan-perubahan dalam suatu arah yang
bersifat tetap dan maju.
Perkembangan berhubungan dengan masalah keemasan (manuration) latihan dan
proses belajar. Hal ini juga mempengaruhi keadaan motif yang ada pada individu.
Dalam belajar perkembangan anak sangatlah penting. Jika seorang anak sudah
memiliki kemampuan-kemampuan dalam belajarnya, maka guru dapat meningkatkan
perkembangannya lagi, yaitu:
1.
Perkembangan
sosialnya
Yaitu perkembangan pada diri anak untuk meningkatkan tingkah laku yang lebih baik.
Yaitu perkembangan pada diri anak untuk meningkatkan tingkah laku yang lebih baik.
2.
Perkembangan
perasaannya
Yaitu perkembangan suatu keadaan kerohanian
Yaitu perkembangan suatu keadaan kerohanian
3.
Perkembangan
motorik nya
4.
Perkembangan
bahasanya
Yaitu perkembangan cara bicara anak.
Yaitu perkembangan cara bicara anak.
5.
Perkembangan
berpikir
Yaitu perkembangan daya jiwa yang dapat meletakkan hubungan-hubungan antara pengetahuan anak.
Yaitu perkembangan daya jiwa yang dapat meletakkan hubungan-hubungan antara pengetahuan anak.
6.
Perkembangan dalam
pengamatan
7.
Perkembangan
kesulitannya/religius nya
8.
Perkembangan
tanggapan, fantasi
9.
Perkembangan dalam
mengambil keputusan
10. Perkembangan perhatiannya
BAB III
PENUTUP
PENUTUP
A.
Kesimpulan
Dari uraian diatas dapat di simpulkan bahwa:
1. Perkembangan dan pertumbuhan mempunyai perbedaan dalam belajar anak,
namun sama-sama mempunyai peran
penting bagi anak dalam belajar
2. Dalam belajar hubungan pertumbuhan dan perkembangan dapat menentukan
2. Dalam belajar hubungan pertumbuhan dan perkembangan dapat menentukan
peran anak.
3. Perkembangan belajar anak dapat dikembangkan lebih sempurna baik dari segi
3. Perkembangan belajar anak dapat dikembangkan lebih sempurna baik dari segi
sosial, bahasa, berpikir dan
lain-lain.
B.
Saran-Saran
1. Dalam belajar anak sebaiknya perlu diperhatikan pertumbuhan dan
perkembangannya
2. Seharusnya pertumbuhan dan perkembangan dalam belajar anak agar lebih
2. Seharusnya pertumbuhan dan perkembangan dalam belajar anak agar lebih
di tingkatkan lagi
3. Dalam mendidik pertumbuhan dan perkembangan jangan terlalu memaksa
3. Dalam mendidik pertumbuhan dan perkembangan jangan terlalu memaksa
pada anak karena berakibat
buruk.
DAFTAR PUSTAKA
Drs. H. Abu Ahmadi dan Drs. Widodo Supriyono,
Psikologi Beljara, Solo, 2003
Drs. H. Abu Ahmadi dan Dra. Nurulabiyati, Ilmu Pendidikan, Semarang, 2001
Drs. H. Abu AHmadi, Psikologi Umum, Jakarta, 2003
Drs. Noehi Nsution, M.A, Dkk, Psikologi Pendidikan Modul I sampai 6,
Jakarta, 1998
http://ahmadazhar.wordpress.com/2009/11/07/ilmu-jiwa-belajar
Tidak ada komentar:
Posting Komentar